Senin, 11 Juni 2012

Soal no 4. Subjek-subjek Data Warehouse

"Subject Oriented : data warehouse diatur berdasarkan subjek utama perusahaan, bukan berdasarkan area aplikasinya. Hal ini menunjukkan bahwa data warehouse digunakan sebagai penyimpanan data yang nantinya difungsikan sebagai analisis dasar pengambilan keputusan

Contoh : kita ingin mengetahui tentang data-data penjualan di suatu perusahaan, kita ingin tau siapa pelanggan terbaik pada tahun ini, atau produk mana yang paling laku, dll. Hal ini dapat di analisis melalui data warehouse.

Pada Data Warehouse Apotek yang kami buat ini, berikut subjek-subjek yang dibutuhkan :
Supplier, Staff, Obat"

Mengutip dari post Kelompok 3, maka dalam Data Warehouse Perusaan Jasa Pengiriman kelompok kami, yang merupakan subjek-subjek yang mungkin dijadikan data warehouse adalah: Branch, Employee, City, dan Shipping Type.

Karena Branch, Employee, City, dan Shipping Type dapat kami jadikan dasar analisis terhadap perusahaan kami.
- Seperti kami tau, di branch mana saja yang customernya banyak, sehingga jika memungkinkan kami bisa menambah employee di branch tersebut, sehingga kepuasan customer bisa terjamin.
- Lalu, kami juga dapat mengetahui Kota mana saja yang sering menjadi asal pengiriman, dan tujuan pengiriman, sehingga perusahaan dapat menganalisis dan memastikan armada yang cukup ke kota-kota tersebut.
- Begitu juga dengan Shipping Type, perusahaan dapat menganalisis paket pengiriman apa saja yang menjadi favorit customer(shipper).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar